Minggu, 06 Maret 2011

Topik PI qu

Penulisan ilmiah atau yang lebih dikenal dengan sebutan PI ialah suatu karya tulis yang ditujukan sebagai persyaratan untuk lulus jenjang D3 atau Diploma 3. Dalam penulisan ilmiah, mahasiswa diarahkan untuk membuat suatu project sesuai dengan program keahlian yang diambilnya dalam perkuliahan. Setelah project tersebut selesai, mahasiswa diminta untuk membuat karya tulis mengenai project tersebut. Setelah karya tulis tersebut selesai dibuat dan diverivikasi atau mendapat rekomendasi dari dosen pembimbing. Mahasiswa akan menjalani sidang untuk diuji kelayakannya untuk lulus dan mendapat gelar D3.

Saat ini saya seorang mahasiswa semester lima di sebuah universitas swsta. Saya merupakan mahasiswa fakultas Ilmu computer dengan jurusan system informasi. Dikarenakan sudah berada ditingakat tiga, sudah selayaknya saya mulai berpikir untuk mengambil topic apa dalam penulisan ilmiah saya pada semester enam nanti.

Banyak hal sempat terpikirkan oleh saya sebagai topic PI saya, tentunya yang sesuai dengan jurusan yang saya ambil yaitu system informasi. Mulai dari pembuatan website, aplikasi, hingga pengembangan software open source. Akan tetapi, apakah saya mampu melakukan dan membuatnya? Akhirnya dengan segala pertimbangan untuk saat ini saya hanya dberpikir untuk membuat PI dengan topic “ Website Dengan PHP”.

Untuk website yang akan saya buat ialah yang berorientasi pada pemanfaatanya pada bidang pendidikan. Sehingga dengan demikian saya berpendapat untuk membuat website suatu sekolah dengan system yang terintegrasi pada system proses belajar mengajarnya. Dengan artian, website ini tidak hanya sebagai sarana untuk memperkenalkan nama sekolah saja kepada masyarakat luar, tetapi juga difungsikan sebagai saran belajar mengajar antara pendidik dengan peserta didik.

Website ini juga dapat difungsikan sebagai sarana sosialisasi antar warga sekolah tersebut. Didalamnya terkandung chat room, forum diskusi, pengumuman – pengumuman dan berbagai macam lainnya. Sehingga dengan demikian diharapkan sesama masyarakat di suatu sekolah dapat saling mengenal satu sama lainnya, walaupun hanya di dunia maya. Namun dikemudian hari tentunya diharapkan keakraban tersebut dapat diaplikasikan di kehidupan nyata.

Pada saat masih dibangku sekolah SMA, saya sebenarnya mengambil sekolah kejuruan pariwisata, yaitu SMIP (Sekolah Menengah Industri Periwisata). Maka, website yang akan saya buat nanti akan berfokus pada sekolah pariwisata. Website sekolah pariwisata yang akan diintegrasikan dengan dunia industry pariwisata, mulai dari pengetahuan tentang obyek-obyek wisata, hotel, peusahaan transportasi dan lain sebagainya.

Alasan ini saya ambil karena selain saya sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai pariwisata, juga dimaksudkan untuk membantu memperkenalkan potensi dan keindahan pariwisata Indonesia kepada masyarakat dunia. Sehingga saya berharap akan banyak wisatawan domestic maupun mancanegara yang datang untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia. Maka diharapkan pada aakhirnya, selain saya selesai mengerjakan project untuk penulisan ilmiah saya, website yang saya buat juga dapat bermanfaat.

sumber : google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar