Senin, 20 Desember 2010

Perilaku konsumen

A. Pengantar
Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar sukses dalam persaingan adalah erusaha mencapai tujuan dengan mempertahankan dan meningkatakn pelanggan. Sedangkan meningkatakan pelanggan beraiti perusahaan harus dapat menangkap setiap peluang yang ada melalui strategi pemasarannya untuk mendapatkan pelanggan baru.
Namun tahun-tahun terakhir ini hampir dalam setiap minggu di media cetak memuat keluhan konsumen kepada produsen. Pada 19 mei 2007, di harian jawa pos pada rubrik metropolis watch semuanya berisi tentang kekecewaan dan juga tanggapan perusahaan atas kekecewaan pelanggan.
Keluhan konsumen juga di samaikan melalui internet, keluhan konsumen ini amat beragam. Ada yang mengeluhkan layanan toko,pelayanan jasa kereta api yang mengecewakan terhadap jasa PDAM yang memberikan
pelayana yang tidak baik.
Untuk memuasakan semua konsumen memang tidak mudah, tetapi ini harus dilakukan. Sekali perusahaan mengecewakan konsumen, maka dampaknya tidak hanya di tinggalkan oleh konsumen yang kecewa saja, tetapi lebih dari itu mereka akan mengungkapkan kekecewaannya kepada orang lain.mereka akan menyampaikan kepada konsumen lain dan bahkan akan merekomendasikan kepada konsumen lain untuk membeli maupun mengkonsumsi produk kita.
Untuk meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan benar-benar berusaha memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, perusahaan berupaya mengerti dan memahami pelanggan dan pasar sasarannya yaitu masyarakat jawa tengah.

B. PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Dalam memahami perilaku konsumen ini apa saja yang harus dipahami Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1995) pemahaman terhadap perilaku konsumen mencangkup pemahaman terhadap tindakan yang langsung yang dilakukan konsumen dalam mendapatkan mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa.
Hal yang hampir sama diungkapkan oleh Schiffmandan kanuk (2007) bahwa perilaku konsumen merupakan stadi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumberdaya yang tersedia dan dimiliki (waktu, uang,dan usaha) untuk mendapatkan barang dan jasa yang nantinya akan di konsumsi.
Sedangkan loudon dan bitta (1995) menjelaskan bahwa perilaku konsumen mencangkup proses pengambilan keputusan ban kegiatan yang dilakukan konsumen secara fisik dalam pengevaluasian. Di dalam mempelajari perilaku konsumen ini pemasaran tidak hanya berhenti pada perilaku konsumen semata saja namun juga perlu mengkaitkannya dengan strategi pemasaran yang akan disusunnya.Perusahaan yang mampu memahami perilaku konsumen yang mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat yang dapat memberikan kepuasan yang lebih baik di bandingkan pesaing.

C. MANFAR MEMPELAJARI PERILAKU KONSUMEN
Dalam lingkungan kehidupan yang relatif konsumtif seperti saat ini dan bombardiriklan serta jenis promosi lainnya. Sikap maupun prilaku maupun faktor-faktor usaha p[emasaran maupun lngkungan eksternal yang dapat mempengaruhi penganbilan keputusan dan pada gilirannya akan berpengaruh terhadap perilakunya.
Pemahaman terhadap perilaku konsumen ini sangat bermanfaat untuk kepentingan menyusun strategi maupun bauran pemasaran melalui pemahaman terhadap spikografis konsumen dan juga perilaku penggunaan pemasaran.
Penerapan konsep pemasaran dan memperluas legitimasi ke masyarakat (Sheth & Mitaal 2004) jadi alangkah bermanfaatnya jika konsumen maupun praktisi pemasaran mempelajari perilaju konsumen tiak hanya bermanfaat secara individu tetapi secara bisnis sangat memiliki nilai strategi bagi perusahaan.

D. ILMU LAIN YANG MEMBERIKAN KONSRIDUSI DALAM STADI PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen merupakan ilmu yangrelatif baru di bandingakn ilmu yang lain
Ilmu-ilmu yang telah memberikan sumbngan pemikiran agi stadi perilaku konsumen antara lain:
• Sosiologo
Menberikan sumbagan dalam mempelajari kekutatan sosial yang mempengarihi konsumen seperti konsep sruktur sosial, leluarga, kelas sosial gender dan jaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu dan kelompok.
• Antropologi
Memberikan sumbangan dalam memahami fenomena konsumsi ritual, mitos, simbol dan budaya asprk lainnya.
• Ekonomi
Membantu dalam memberikan pemahaman tentang ketrkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen akibat perbedaan tingkat ekonomi antar masyarakat.
• Psikologi
Membantu dalam memahami proses-proses psikologo yang sfatnya individual seperti kepribadian,motivasi, persepsi,proses belajar,sikap yang dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.


E. MODEL PRILAKI KONSUMEN
Model yang menunjukan bahwa slimuti dari luar akan masuk kedalam kotak hitam pembeli dan menghasilkan respon tertentu pada konsumen. Slimuti terdiri dari 2 macam yaitu: slimuti pemasaran dan slimuti lain-lain slimuti pemasara meliputi dari empat unsur yaitu produk ,harga,disrtibusi, dan promos. Sedangkan slimuti lain-lain terdiri atas keadaan ekonomi, teknologi, politik, kebudayaan
Kotak hitam terdiri dua komponen yaitu: bagian pertama adalah karakterisrik pembeli yang meliputi faktor budaya,sosial, personal dan psychological. Bagian kedua yaitu: proses yang mempengaruhi hasil keputusan.
Faktor lingkungan ini melalui komunikasi akan menyediakan informasi yang sangat berpengaruh terhadap pengambilan ke3putusan konsumen. Evaluasi setelah pembelian ini juga memberi feedback apda perusahaan.Informasi yang didapat ini kemudian di gunakan menajamen untuk merefirmasikan strategi pemasaran agar sesuia kebutuhan konsumen.

F. PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Menurut tujuan pembelian konsumen dapat dikelompokan menjadi konsumen akhir (individual)yang terdiri atas individu dan rumah tangga yang tujuan pembeliaanya adalah untuk memenuhi kebutuhan sendiriatau untuk dikonsumsi.Sedangkan kelompok lain adalah konsumen organisasional yang terdiri dari organisasi, pem akai indusrti,pedagang dan lembaganon-profil yang tujuan pembeliannya untuk memperoleh labaatau sejahtera anggotannya.Ketertiban yang tinggi ini digolongkan sebagai high involvement purchase decision sedangak ketertiban renah diolongkan low involvement purchase decision.
Pengambilan keputusan sebagai proses penting yang berpengaruh perilaku konsumen sangat penting untuk dipahami pemasar. Menutut Schiffman damn kanuk (2007:16) pengambilan keputsan dapat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari input, proses, dan output.
Faktor eksternal yang dapat menjadi input dan berpengaruh terhadap proses penagmbilan keputusan

.

G. SITEMATIKA DAN KELEBIHAN BUKU
Untuk mempermudah pembaca, sistematika dalam buku ini akan di uraikan dari faktor- faktor induvidial yang melekat pada diri konsumen yang mempengaruhi perilaku konsumen seperti motivasi,kepribdian,pembela jaran,persepsi, sikap konsumen. Hal ini penting dalam beberapa penelitian di bidang perilaku konsumen sangat membutuhkan insrumen yang benar-benar valid dan reliabelagar dapat di gunakan fenomena yang ada pada konsumen.

H. KESIMPULAN
Pemahaman terhadap perilaku konsumen merupakan hal yang sangat penting karena membantu perusahaan dalam menciptakan nilai unggul dari produk atau jasa yang ditawarkan dan menyusun strategi pemasaran yang tepatsehingga dapat memuaskan konsumen.

SUMBER : BUKU PERILAKU KONSUMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar